Rahasia dibalik Senyum yang Indah

  “Senyum adalah ibadah” sebuah kata yang tidak asing bagi kita, hanya butuh waktu sedetik untuk merubah bentuk bibir,  dan butuh 7 detik untuk mempertahankannya untuk terlihat sebagai ungkapan ketulusan hati. Senyum pada hakikatnya adalah suatu anugrah dari Tuhan yang maha indah. Tuhan yang memberikan keindahan itu memiliki tujuan agar kita semua dapat menjalaninya tanpa paksaan yaitu dengan hal yang sederhana tapi besar akibatnya / manfaatnya. senyum itu mudah tapi sangat berharga, ia kecil tapi bermakna raksasa, ia sederhana tapi dahsyat luar biasa ya itulah senyum. Seperti diketahui dibutuhkan lebih sedikit otot wajah untuk membuat seseorang tersenyum dibanding cemberut. Beberapa ahli menyatakan dibutuhkan 43 otot untuk cemberut dan hanya 17 otot untuk tersenyum. Namun beberapa lainnya menyebutkan dibutuhkan 62 otot untuk cemberut dan hanya 26 otot untuk tersenyum.

pada dasarnya manusia membutuhkan senyum, berikut 10 manfaat dari tersenyum :

1. Senyum membuat seseorang lebih menarik

Secara tidak sadar senyum bisa membuat orang lebih menarik karena ada faktor daya tarik tertentu dan membuat seseorang terlihat lebih baik dibanding mengerutkan kening, cemberut atau meringis.

2. Senyum bisa mengubah suasana hati

Tersenyum bisa mengelabui tubuh sehingga membantu seseorang mengubah suasana hatinya menjadi lebih baik. Untuk itu jika merasa sedih, cobalah untuk tersenyum.

3. Senyum bisa menular

Tersenyum tak hanya mengubah suasana hati orang tersebut tapi juga orang-orang disekitarnya, dan membuat hal-hal menjadi lebih bahagia. Ini karena senyum bisa menular dan membawa kebahagiaan bagi orang lain.

4. Senyum bisa meredakan stres

Orang yang stres bisa terlihat dari wajahnya, tapi dengan tersenyum bisa mencegah seseorang tampak letih dan lelah. Jika sedang stres, cobalah ambil waktu untuk tersenyum, karena bisa mengurangi stres sehingga lebih mampu mengambil tindakan.

5. Senyum meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tersenyum bisa membantu sistem kekebalan tubuh untuk bekerja lebih baik. Ketika seseorang tersenyum maka fungsi imun meningkat yang membuat seseorang merasa lebih rileks dan terhindar dari penyakit seperti flu dan pilek.

6. Senyum menurunkan tekanan darah

Ketika tersenyum maka ada penurunan nilai tekanan darah yang terukur. Cobalah mengukur tekanan darah saat duduk di rumah sambil membaca, lalu tersenyum selama 1 menit dan mengukur tekanan darah kembali, maka akan terlihat perbedaan.

7. Senyum bisa melepaskan endorfin, penghilang rasa sakit dan serotonin

Studi telah menunjukkan senyum bisa melepaskan endorfin, senyawa yang bisa mengurangi rasa sakit secara alami dan serotonin. Ketiganya bisa membuat orang merasa lebih baik dan menjadi obat yang alami.

8. Lipatan senyum di wajah bisa membuat orang terlihat lebih muda

Otot-otot yang digunakan untuk tersenyum bisa membantu mengangkat wajah sehingga membuat orang tampak lebih muda. Karenanya cobalah lebih sering tersenyum yang membuat merasa lebih muda dan lebih baik.

9. Tersenyum bisa membuat orang terlihat sukses

Orang yang tersenyum akan terlihat lebih percaya diri sehingga lebih dipromosikan, selain itu pasang senyum di setiap pertemuan akan memiliki reaksi yang berbeda.

10. Senyum bisa membantu orang tetap positif

Senyum akan membuat orang lebih positif dan mengurangi pikiran negatif. Dengan mengurangi depresi, stres dan khawatir maka kesehatan seseorang juga akan meningkat dan menghindarinya dari berbagai risiko penyakit.

Bahkan menurut beberapa penulis memberikan aturan / rumus dalam senyum yang tulus  diantaranya menurut pak Jamil Azzaini bahwa senyum yang tulus itu mempunyai rumus 227 artinya senyum yang terlihat tulus apabila menarik bibir kekanan 2 cm, dan  menarik bibir kekiri 2 cm, pertahankan minimal 7 detik. sedangkan menurut pak Amir Tengku Ramly memiliki aturan 127 angka 1 artinya sang senyum haruslah berasal dan bertujuan untuk menyatukan hati, hati yang memberi dan menerima senyum. dengan begitu senyum itu berperan sebagai pengikat dan jembatan antara satu diri dengan diri-diri yang lain. sedangkan angka 2 memiliki maksud yang sama seperti yang diungkapkan pak Jamil. sungguh indah dan memiliki banyak rahasia yang terkandung didalam senyum.

untuk itu wahai saudaraku, dalam islam juga mengajarkan senyum itu adalah bernilai ibadah, senyum sederhana dari diri kita kepada orang lain setara dengan nilai sedekah, memang senyum bukan sedekah dalam bentuk materi melainkan sedekah yang paling mudah. sedekah ini mudah tetapi banyak yang sulit untuk memberikannya kepada yang lain karna kurangnya rasa cinta yang sesungguhnya pada diri pribadi orang tersebut. dengan senyum dapat menggambarkan suasana hati seseorang, dengan senyum juga bisa mencairkan suasana.

Nabi Muhammad SAW telah memelopori pentingnya senyuman agar memberikan rasa nyaman kepada orang lain. Rasulullah pernah memotivasi para sahabatnya tentang makna senyuman itu. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh HR. Muslim, Rasulullah berpesan, “Janganlah kalian menganggap remeh kebaikan itu,  walaupun itu hanya bermuka cerah pada orang lain,”.
Senyuman kini telah dikembangkan menjadi sebuah terapi yang menyejukkan diri sendiri dan orang lain. Dunia bisnis manajemen saja, kita juga mengajarkan senyuman yang memikat orang lain. Rasulullah pun selalu tersenyum kepada setiap orang bahkan menganjurkan agar kita selalu tersenyum, kenapa kita tidak??? siapa diri ini yang tidak mau tersenyum kepada yang lainnya??

Banyak manfaat yang dapat kita peroleh dengan sesuatu pekerjaan yang sederhana yaitu senyum, dari sisi sosial dapat menambah teman, dari sisi biologis dapat menyehatkan diri (peremajaan wajah) dan dari sisi agama itu adalah ibadah. Tidak ada ruginya kita untuk melakukannya….

Sudahkah Anda Tersenyum Hari Ini ???

Sumber ada Disini

    • oedi
    • May 28th, 2012

    Tersenyumlah… sebelum senyuman itu di larang..🙂
    Artikel yang menarik dan banyak manfaatnya… karena senyuman adalah ibadah yang paling murah dan tentunya menguntungkan diri kita sendiri, terlebih orang lain di sekitar kita… sebuah contoh sikap yang sering dilakukan oleh kekasih kita; Rasulullah Muhammad SAW, dan tentunya sebuah sikap yang mulia… Sehingga kenapa kita tidak sering menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari??
    Makasih Dik utk link tulisannya, tapi coba seandainya dirimu sendiri yang menuliskannya… tentu akan jauh lebih berkesan…🙂

      • dika21
      • May 28th, 2012

      betul mas tersenyumlah sebelum senyum itu dilarang, tulisan ini semoga bisa bermanfaat amin….
      betul sekali mas rasulullah adalah suri tauladan bagi kita beliau sering tersenyum dan napa kita tidak melakukan hal yang sama mengikuti sang kekasih🙂
      okeh mas sedang belajar menulis, makasi mas atas kunjungannya

  1. jangan senyam senyum sendiri di tempat rame yah.. hohoho.. ntr dikira kabur dari Pakem😛 *piss

      • dika21
      • August 9th, 2012

      senyum itu kan ibadah, klo ditempat rame dibilang ramah… klo senyum” sendirian nah perlu dicurigai tu brot🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: